Sejarah Singkat Perang Korea

Disamping, bisa Anda lihat gambar animasi sebuah peta kedua negara antara korea selatan dan korea utara, dilihat dari seni dan budaya kedua negara ini sedikitpun tidak nampak perbedaan. Namun, jika dilihat dari ideologi kedua negara yang di anut ini tampak jelas perbedaannya. Korea selatan yang didukung sekutu dekatnya AS menganut sistem demokrasi dan Korea Utara lebih mempertahankan ideologi komunisnya dengan dukungan penuh Russia dan RRC.

Di Tahun 1950-1953 kedua negara serumpun ini harus menelan pil pahit dengan meletusnya perang korea. Korea Utara dengan dukungan RRC yang dipersenjatai Uni Soviet ( sekarang russia ) secara mendadak menyerang korea selatan dari kota seoul hinga sampai ke kota busan. Korea selatan dengan posisi yang terjepit dan lebih banyak mengalami kerugian baik nyawa maupun materi. Melihat semakin banyaknya korban di pihak korea Selatan sehingga dapat mengundang rasa simpati negara-negara lain seperti AS, Turki, dan tentara PBB lainnya untuk membantu pertahanan Korea selatan.

3 Tahun lamanya masa perang Korea, disepakatilah suatu perjanjian yaitu gencatan senjata (tidak sama dengan perjanjian damai) dimana kedua belah pihak siap menghentikan kontak senjata.

Gencatan senjata yang selama ini dipegang oleh kedua negara ini sewaktu-waktu bisa berubah menjadi terulangnya kembali perang jika kedua belah pihak tidak bisa menahan diri. Ada beberapa hal yang bisa mempengharuinya, salah satunya isu pengembangan senjata nuklir oleh korea utara. Seiring dengan semakin pesatnya kemampuan korea utara dalam mengembangkan senjata nuklirnya dapat menimbulkan kekhawatiran bagi negara-negara tetangganya seperti korea selatan dan jepang sebagai mitra dagang penting korea selatan.

Korea Utara yang memiliki kekuatan militer aktiv 1,5 juta dan roket dengan daya ledak nuklir lebih dari 1000 an ini siap diluncurkan jika konflik terjadi. Jika dibandingkan dengan Jumlah dan banyaknya kekuatan militer yang dimiliki korea selatan maka korea utara lebih unggul.

Siapakah yang paling kuat? tentunya hal ini belum dapat digunakan sepenuhnya karena faktor diluar kedua negara berupa dukungan militer Rusia dan China untuk Korea Utara dan dukungan AS untuk Korea Selatan juga sangat besar pengaruhnya. Seberapa besar dukungan tersebut masih belum dapat prediksikan.

SAY TOGETHER " NO WAR "

Dari artikel diatas bila menemukan kesalahan jangan segan-segan untuk membetulkannya dengan meninggalkan komentar di Facebook atau Blogger.

Oleh, Halali Sahri

Dibawah ini saya sertakan video dimasa perang korea.






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.