Cara memulai usaha toko buku

Mohon dijelaskan langkah2 apa saja yang harus dilakukan untuk memulai usaha toko buku. Tolong dijelaskan juga bagaimana cara mendapatkan stok buku dari penerbit, dan kira2 berapa modal minimal yang harus disiapkan.

Jawaban :

Untuk memulai bisnis toko buku minimal ada beberapa langkah berikut:
1. Tentukan dulu, buku apa yang akan anda jual. Judul buku itu banyak jumlahnya dan kategorinya. Untuk menentukan hal ini, tentu ada beberapa pertimbangan misalnya, jumlah modal kerja yang anda miliki, pengetahuan anda terhadap buku dan seberapa besar tempat usaha anda. Bila Anda punya modal besar, tempat luas dan anda paham dengan buku-buku yang laku dipasaran, maka silahkan anda menjual semua jenis dan judul buku. Tapi bila kemampuan anda terbatas, ada baiknya untuk tahap awal anda fokus pada jenis/kategori buku tertentu misalnya buku agama saja atau buku kesehatan saja. Dengan fokus, diharapkan anda akan memiliki keunikan dan stok yang anda sediakan untuk jenis buku tertentu tersebut jumlahnya banyak, sehingga pelanggan memiliki banyak pilihan.
2. Menentukan lokasi usaha, sesuai dengan target yang ingin anda inginkan
3. Membuat keunikan atau hal-hal yang membedakan toko buku anda dibandingkan dengan toko buku lain. Misalnya toko buku anda memberikan diskon seumur hidup.

Untuk mendapatkan buku bisa dengan cara berikt ini:
1. Langsung mengambil ke penerbit. Bila hal ini yang anda lakukan , biasanya anda bisa mendapatkan diskon lebih besar tapi anda agak repot karena harus menghubungi banyak penerbit. Selain itu biasanya penerbit juga mensyaratkan pembelian minimal untuk satu judul sehingga anda harus membeli dalam jumlah besar.
2. Mengambil buku di agen/distributor. Cara ini relatif mudah karena distributor biasanya memiliki banyak judul dari banyak penerbit. sehingga anda bisa mendapatkan beraneka judul dari satu tempat. Tentu saja diskonnya biasanya relatif kecil karena distributor juga mengambil untung.

Buku-buku tersebut bisa anda dapatkan dengan cara konsinyasi (titip jual), kredit sd 3 bulan atau tunai. Untuk buku2 yang best seller biasanya harus tunai. Anda juga dapat mendapatkan buku secara konsinyasi bila anda bisa meyakinkan distributor atau penerbitnya.

Untuk modal awal, tentu sangat relatif bersarnya, tergantung besar usaha yang anda inginkan dan apakah anda bisa meyakinkan penerbit atau distributor. Bila bisa meyakinkan mereka maka stok buku bisa didapatkan tanpa modal. Jadi modal awal yang anda butuhkan minimal adalah sewa tempat, modal kerja sesuai dengan banyaknya buku yang anda sediakan dan biaya pencadangan tenaga kerja (bila anda pakai karyawan, minimal 3 bulan). Serta biaya untuk promosi minimal brosur, spanduk dan sejenisnya.

sumber : http://www.bukubagus.com/page_konsultasi_all.php?detail=196

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.