Ini Dia Makanan Tradisional Sehat dan Bergizi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA---Siapa bilang kuliner tradisional kurang sehat? Ceritanya berbeda dengan rujak cingur. Selain memiliki cita rasa khas daerah, makanan tersebut juga dianggap mengandung gizi seimbang.

Perhimpunan Peminat Gizi Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia memberikan penghargaan Peduli Gizi 2013 Kategori Pangan Sepinggan Tradisional terhadap rujak cingur melalui Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini baru-baru ini. 

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Hardiansyah mengatakan, pihaknya bersama Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) mengapresiasi pemerintah daerah yang mengembangkan pangan sepinggan tradisional. Sebab, dinilai memiliki keunggulan gizi. ''Memenuhi prinsip yang seimbang, yakni mengandung karbohidrat, lauk pauk serta sayuran dan buah," kata Hardiansyah.

Sebelum menetapkan wilayah penerima penghargaan, dia mengatakan, tim juri telah melakukan proses penilaian sejak Februari 2013. Diawali dengan survei ke lapangan dan studi literatur hingga mencermati nama, bahan/komposisi, resep, pengolahan, dan foto penyajian. Dia berharap, penghargaan ini dapat mempromosikan rujak cingur di skala nasional maupun internasional. Dengan demikian, akan berdampak pada meningkatnya potensi ekonomi di Surabaya.
Diberdayakan oleh Blogger.