Inilah beberapa Perlengkapan Untuk Kebutuhan Sablon

Sebelum akan mulai lebih jauh berkenaan sablon, kita mesti ketahui dahulu alat-alat serta kepentingan yang diperlukan buat kepentingan sablon, salah satunya yaitu ;

 1. Screen Sablon

Alat ini memiliki fungsi juga sebagai penghubung tinta sablon ke media sablon. Screen sablon terbagi dalam rangka (midangan) serta kain kassa (kain screen). Rangka umum di buat dari kayu atau alumunium. Screen punya beraneka ragam ukuran, ada yang mempunyai ukuran 15 cmx 25 cm atao 30cm x 40cm hingga ukuran 8 mtr. yang umum difungsikan buat buat spanduk. Demikian pula kain kassa punya pori-pori yang berlainan, contohnya T48 atau T61 umum difungsikan untuk nyablon kaos atau spanduk, yang lain T160, T180, T200 umum difungsikan buat nyablon stiker atau plastik.

2. Obat Afruk

Bahan ini difungsikan buat mengafdruk gambar dari film ke screen. Rata-rata terbagi dalam dua botol, botol besar adalag obat afdruknya, botol kecil pecampurnya, mengusahakan agar mengkombinasikan sesuai dengan kepentingan, dikarenakan seandainya terlampau lama obat afdruk tdk difungsikan dapat rusak.

 3. Film Sablon.

Yaitu gambar yang telah diprint/dibuat pada kertas. Rata-rata yang difungsikan ngeprint yaitu printer laser jet dikarenakan printer laser jet punya kepekatan warna hitam yang rata, jadi membantu waktu mengafdruk film ke screen. Film sablon rata-rata diprint dikertas karkir. Seandainya saya pribadi gunakan kertas umum yang diolesi dengan minyak guring (bacanya ; goreng.. hehehe) dengan arah supaya kertas tembus sinar.

 4. Coater

Coater yaitu alat yang difungsikan buat mengulaskan atau meratakan obat afdruk ke screen, kita juga dapat memanfaatkan alat lain tidak cuman coater seperti penggaris busur derajat atau mika, serta butuh diingat kondisi permukaan tepi mika mesti rata, tambah baik lagi seandainya ditipiskan pinggirnya.

 5. Hair Dryer/Kipas Angin

Difungsikan buat mngeringkan screen, dikarenakan screen yang telah diolesi obat afdruk tdk bisa terserang sinar matahari dengan intensitas tinggi. Oleh lantaran itu pakai hair dryer diruangan tertutup serta agak gelap buat merawat kegagalan mengafdruk film, (nggak butuh hingga gelap sangat bentar nggak dapat review)


6. Papan triplek, Busa Spon, Kain Hitam, Kaca 5mm.

Seluruhnya difungsikan buat sistem pengabrukan dengan menyinari screen yang telah diafdruk di bawah lampu TL atau cahaya matahari.

 7. Rakel sejenis karet dengan permukaan rata.

Rakel memiliki fungsi buat meratakan serta menyablonkan tinta kemedia sablon. Terdiri dalam dua sisi karet rakel serta pegangannya, rata-rata kayu atau alumunium.

 8. Tinta Sablon.

Ada beraneka macam ragamnya terkait media apa yang dapat kita sablon. Rata-rata di campur dengan pigmen (pewarna) serta binder (anti luntur), kalau terlampau encer dapat di campur dengan Emulsifir (pengencer), serta kalau terlampau kental dapat di imbuhkan garam sedikit, (ingat cuma sedikit saja, seandainya rata-rata dapat encer serta gabungan tinta rusak)

 9. Meja sablon.

Namanya juga meja sablon, fungsinya ya… untuk menempatkan media yang dapat disablon. Buat sablon kaos manual meja tidak usah gunakan catokan.

 10. Latek/Lem Kain (Lem Stiker)

Difungsikan pada kala nyablon kaos, atau kain yang disablon kira-kira lebih satu warna. Seandainya dalam jumlah banyak lem di oleskan pada lebih dari satu lembar triplek seukuran kaos atau media gambar yang kita sablon.




Diberdayakan oleh Blogger.