William Abdullah Quilliam: Perintis dan Penyebar Islam di Liverpool

Agama Islam di Inggris telah ada sejak beberapa abad silam. Karenanya, tak heran bila agama yang dibawa Rasulullah SAW mendapat tempat di hati warga Inggris. Sejumlah tempat ibadah pun akhirnya berhasil didirikan.

Namun, belakangan ini, seiring dengan gencarnya phobia terhadap umat Islam, agama yang mulia ini kerap dijadikan bahan ledekan oleh mereka yang tak memahami Islam. Walau begitu, hal tersebut tak menyurutkan niat seseorang yang diberi hidayah Allah untuk terus menyuarakan Islam.

Pada pertengahan abad ke-19, seorang tokoh kenamaan Inggris mencoba memahami Islam. Dan akhirnya, ia pun menemukan kedamaian di dalamnya. Bertempat di sebuah bangunan yang kini sudah tampak kusam. Bahkan, harian The Independent di Inggris, pernah memuat tulisan berjudul "Forgotten Champion of Islam: One Man and His Mosque" yang ada pada edisi 2 Agustus 2007.

Bangunan yang terletak di kawasan Brougham Terrace No 8, West Derby Street, Liverpool, Inggris tak ubahnya seperti sebuah rumah hancur. Demikian tulis harian The Independent.

Bangunan bercat putih kusam dengan bagian pintu depan yang terlihat reyot dan pintu belakang yang penuh dengan coretan grafiti serta sarang burung dara yang menghiasi bagian atap bangunan dan jamur yang melekat di hampir seluruh permukaan dinding ini menyimpan cerita panjang mengenai Islam di negeri Ratu Elizabeth II ini.

Bangunan yang menjadi saksi bisu sejarah perkembangan Islam di Inggris pada abad ke-19 dan 20 Masehi ini adalah milik William Henry Quilliam. Komunitas Muslim di kota Liverpool sudah sepantasnya berterima kasih kepada William.

Berkat jasanya, syiar Islam bisa merambah ke kota yang terletak di bagian barat laut Inggris. Dan, masyarakat Muslim di sana bisa menjalankan ibadah dan berbagai kegiatan lainnya secara bersama di sebuah bangunan yang memadai.

Pada awalnya, tepatnya pada 1889, bangunan milik William ini difungsikan sebagai Islamic center dengan nama Liverpool Muslim Institute. Namun, dalam perkembangan berikutnya, bangunan Liverpool Muslim Institute ini juga difungsikan sebagai masjid dan sekolah bagi komunitas Muslim Liverpool. Sejarah mencatat, ini merupakan bangunan masjid dan Islamic center pertama yang didirikan di Inggris.

Siapa sebenarnya sosok William Henry Quilliam ini? Laman Wikipedia menyebutkan bahwa pria kelahiran Liverpool, 10 April 1856 ini berasal dari keluarga kaya raya. Ayahnya, Robert Quilliam, adalah seorang pembuat jam. Sejak kecil William sudah mendapatkan pendidikan yang memadai. Oleh kedua orang tuanya ia disekolahkan di Liverpool Institute dan King William's College. Di kedua lembaga pendidikan ini, ia mempelajari bidang hukum. Pada 1878, William memulai kariernya sebagai seorang pengacara.

William tumbuh dan dibesarkan sebagai seorang Kristen. Agama Islam baru dikenalnya ketika ia mengunjungi wilayah Perancis selatan pada 1882. Sejak saat itu, ia mulai banyak mempelajari mengenai Islam dan ajarannya. Ketertarikannya terhadap Islam semakin bertambah manakala ia berkunjung ke Aljazair dan Tunisia.

Berdakwah
Pada 1887, sekembalinya dari mengunjungi Maroko, William merealisasikan keinginannya untuk berpindah keyakinan ke agama Islam. Setelah masuk Islam, ia mengganti namanya menjadi Abdullah Quilliam. Dengan menyandang nama baru ini, William gencar mempromosikan ajaran Islam kepada masyarakat Liverpool.

Untuk mendukung syiar Islam di kota Liverpool, ia berinisiatif untuk mendirikan sebuah lembaga khusus bagi orang-orang yang ingin mengetahui dan belajar tentang Islam. Maka, pada 1889, ia pun mendirikan Liverpool Muslim Institute. Guna menarik minat warga kota Liverpool, lembaga yang didirikannya ini tetap buka pada saat hari Natal.

Tak hanya sebatas menjadi pusat informasi Islam. Abdullah kemudian memfungsikan bangunan Liverpool Muslim Institute menjadi tempat beribadah bagi komunitas Muslim Liverpool. Bangunan Masjid Liverpool Muslim Institute ini mampu menampung sekitar seratus orang jamaah.

Pendirian masjid ini kemudian diikuti oleh berdirinya sebuah perguruan tinggi Islam di kota Liverpool dan sebuah panti asuhan bernama Madina House. Sebagai pimpinan perguruan tinggi Islam, Abdullah menunjuk Haschem Wilde dan Nasrullah Warren.

Meski berstatus sebagai lembaga pendidikan Islam, perguruan tinggi yang didirikan William ini tidak hanya menerima murid dari kalangan keluarga Muslim saja. Murid dari keluarga non-Muslim pun diperbolehkan untuk belajar di sana. Guna menarik minat warga non-Muslim untuk mempelajari Islam, pihak pengelola kerap menyelenggarakan acara debat mingguan dan komunitas sastra.

William yang sejak muda dikenal aktif sebagai penulis sastra ini berupaya menarik simpati masyarakat non-Muslim di Liverpool melalui karya-karya sastranya. Upaya-upaya yang ditempuhnya untuk menyebarluaskan ajaran Islam melalui karya sastra dan lembaga-lembaga amal yang didirikannya itu berbuah manis. Dalam rentang waktu sepuluh tahun berdakwah, ia berhasil mengislamkan lebih dari 150 warga asli Inggris, baik dari kalangan ilmuwan, intelektual, maupun para pemuka masyarakat.

Bahkan, ibunya sendiri yang telah menghabiskan sebagian besar hidupnya sebagai seorang aktivis Kristen tertarik untuk masuk Islam setelah membaca tulisan-tulisannya.

Berbagai tulisannya mengenai Islam ini ia terbitkan melalui media mingguan The Islamic Riview dan The Crescent yang terbit dari 1893 hingga 1908. Keduanya beredar luas secara internasional. Harian The Independent menulis bahwa William memanfaatkan ruang bawah tanah masjid sebagai tempat untuk mencetak karya-karya tulisnya.

Disamping itu, ia juga menerbitkan tiga edisi buku dengan judul The Faith of Islam pada 1899. Bukunya ini sudah diterjemahkan ke dalam 13 bahasa dunia. Ratu Victoria dan penguasa Mesir termasuk di antara tokoh dunia yang pernah membaca bukunya ini.

Berkat The Faith of Islam, dalam waktu singkat nama Abdullah Quilliam dikenal luas di seluruh negeri-negeri Muslim. Berkat bukunya ini juga ia kemudian banyak menjalin hubungan dengan komunitas Muslim di Afrika Barat.

Berkat karyanya ini pula, ia mampu menerima berbagai penghargaan dari para pemimpin dunia Islam. Dia mendapatkan gelar Syekh al-Islam dari Sultan Ottoman (Turki Usmani), Abdul Hamid II pada 1894 dan diangkat sebagai atase khusus negeri Persia untuk Liverpool.

Ia juga mendapat sejumlah hadiah berupa uang dari pemimpin Afghanistan. Uang tersebut ia gunakan untuk mendanai perguruan tinggi Islam miliknya di Liverpool.

sumber : republika.co.id

Baca Artikel Mualaf Lainnya:
==============================================================

Koko Liem, Da'i yang Jatuh Cinta dengan Islam Sejak SD ~ Jangan ...

- [ Translate this page ]
Segala sesuatu membutuhkan proses, termasuk ketika seorang manusia menemukan fitrahnya sebagai muslim. Proses panjang penuh liku membawa sosok Liem Hai Thai ...
www.inimediaku.com/.../koko-liem-dai-yang-jatuh-cinta-dengan.html

Bernard Hopkins, Islamnya Sang Algojo Tinju Dunia ~ Jangan Pernah ...

- [ Translate this page ]
Penggemar tinju dunia tentu tak asing dengan nama Bernard Hopkins. Dialah sang algojo (The Executioner). Julukan ini diberikan karena kemampuannya dalam ...
www.inimediaku.com/.../bernard-hopkins-islamnya-sang-algojo.html

Subhanallah, Rp 2,4 Triliun Dana Zakat Disiapkan Bagi Mualaf ...

- [ Translate this page ]
20 Mei 2008 ... skip to main | skip to sidebar. Jangan Pernah Merasa Lelah Cari Ilmu Yah..! Admin. click to visit. www.al-habib.info ...
www.inimediaku.com/.../subhanallah-rp-24-triliun-dana-zakat.html

Ketika WS Rendra Pergi Haji: Air Zamzam Serasa Chevas Regal ...

- [ Translate this page ]
WS Rendra memang telah tiada. Namun karya-karyanya akan selalu hidup. Banyak kisah menarik dari penyair yang mendapatkan julukan Burung Merak ini, ...
www.inimediaku.com/.../ketika-ws-rendra-pergi-haji-air-zamzam.html

Ka'bah Menggetarkan Hati Ratusan Pekerja Cina ~ Jangan Pernah ...

- [ Translate this page ]
click to visit. www.al-habib.info. 29. ARBA'A. Dh-Qaida. 1429 H. 20 MAY 2008. click to visit. www.al-habib.info. click to visit. www.al-habib.info ...
www.inimediaku.com/.../kabah-menggetarkan-hati-ratusan-pekerja.html

Impiannya Mengunjungi Masjidil Haram Pun Terwujud ~ Jangan Pernah ...

- [ Translate this page ]
click to visit. www.al-habib.info. 29. ARBA'A. Dh-Qaida. 1429 H. 20 MAY 2008. click to visit. www.al-habib.info. click to visit. www.al-habib.info ...
www.inimediaku.com/.../impiannya-mengunjungi-masjidil-haram.html

Tiga Wanita Muda Italia Masuk Islam di Hadapan Moammar Qaddafi ...

- [ Translate this page ]
click to visit. www.al-habib.info. 29. ARBA'A. Dh-Qaida. 1429 H. 20 MAY 2008. click to visit. www.al-habib.info. click to visit. www.al-habib.info ...
www.inimediaku.com/.../tiga-wanita-muda-italia-masuk-islam-di.html

Kombinasi Islam dan Sepak Bola Frederic (Oumar) Kanoute ~ Info ...

- [ Translate this page ]
Penggemar sepak bola La Liga Spanyol mungkin tak asing dengan nama Frederic Kanoute, striker asal Mali. Pemain bertubuh jangkung ini adalah penyerang hebat ...
www.inimediaku.com/.../kombinasi-islam-dan-sepak-bola-frederic.html

Danny Williams: Terkesima Mendengar Suara Azan ~ Info Lepas Tanpa ...

- [ Translate this page ]
Di atas ring, nama Danny Williams mungkin tidak setenar legenda tinju dunia, seperti Muhammad Ali, George Foreman, Mike Tyson, Evander Holyfield, ...
www.inimediaku.com/.../danny-williams-terkesima-mendengar.html

Lee Woon-Jae: Kiper Muslim dari Negeri Ginseng ~ Info Lepas Tanpa ...

- [ Translate this page ]
Nama Lee Woon-Jae mungkin terdengar asing di telinga kita. Tapi, tidak demikian bagi Penggemar sepakbola di Asia, terutama di negara asalnya Korea Selatan ...
www.inimediaku.com/.../lee-woon-jae-kiper-muslim-dari-negeri.html

Sue Watson: Misionaris yang Kini Menyerahkan Hidupnya untuk Islam ...

- [ Translate this page ]
''Apa yang terjadi padamu?'' Pertanyaan itu kerap diterimanya ketika bertemu mantan teman-teman sekolah, teman dan pendeta ketika mengetahui dirinya telah ...
www.inimediaku.com/2010/.../sue-watson-misionaris-yang-kini.html

Hakeem Olajuwon: Mengagumi Keindahan Alquran ~ Info Lepas Tanpa Batas

- [ Translate this page ]
Di era 1990 hingga awal 2000-an, nama Hakeem Olajuwon begitu memukau publik Amerika Serikat (AS), khususnya bagi penggemar basket NBA. ...
www.inimediaku.com/.../hakeem-olajuwon-mengagumi-keindahan.html

Cindy Claudia Harahap: Hidayah dari Bulan dan Bintang ~ Info Lepas ...

- [ Translate this page ]
Allah SWT memberi petunjuk kepada siapa saja yang dikehendaki. Begitulah yang terjadi pada diri Cindy Claudia Harahap, putri sulung dari musisi Rinto ...
www.inimediaku.com/.../cindy-claudia-harahap-hidayah-dari.html

Joseph Cohen: Yahudi Amerika yang Menemukan Islam di Gaza ~ Info ...

- [ Translate this page ]
Ketika memutuskan pindah ke Israel sekitar sepuluh tahun lalu, Joseph Cohen, seorang Yahudi asal Amerika Serikat, hanya berkeinginan untuk menerapkan ajaran ...
www.inimediaku.com/.../joseph-cohen-yahudi-amerika-yang_16.html

Pada musim haji tahun 1933 silam, menyimpan cerita tersendiri bagi masyarakat Kota Suffolk, Inggris, khususnya umat Islam. Sebab, pada tahun itu, ...
www.inimediaku.com/.../lady-evelyn-bangsawan-inggris-yang.html

Joseph Cohen: Yahudi Amerika yang Menemukan Islam di Gaza ~ Info ...

- [ Translate this page ]
Ketika memutuskan pindah ke Israel sekitar sepuluh tahun lalu, Joseph Cohen, seorang Yahudi asal Amerika Serikat, hanya berkeinginan untuk menerapkan ajaran ...
www.inimediaku.com/.../joseph-cohen-yahudi-amerika-yang_16.html

William Abdullah Quilliam: Perintis dan Penyebar Islam di ...

- [ Translate this page ]
Agama Islam di Inggris telah ada sejak beberapa abad silam. Karenanya, tak heran bila agama yang dibawa Rasulullah SAW mendapat tempat di hati warga Inggris ...
www.inimediaku.com/.../william-abdullah-quilliam-perintis-dan.html

Julius Germanus, Orientalis Pembela Islam Sejati ~ Info Lepas ...

- [ Translate this page ]
Bila Allah telah berkehendak dan memberikan hidayah kepada seseorang, tak ada seorang pun yang mampu menolaknya. Dan bila Allah tidak menghendakinya, ...
www.inimediaku.com/2010/.../julius-germanus-orientalis-pembela.html

Perjalanan Spiritual Pembantu Pendeta Menjadi Seorang Muslim ...

- [ Translate this page ]
"Saya tidak bisa menemukan jawaban-jawabannya di Alkitab. Begitu saya sadar bahwa Trinitas cuma sebuah mitos dan bahwa Tuhan cukup kuat untuk menyelamatkan ...
www.inimediaku.com/.../perjalanan-spiritual-pembantu-pendeta.html

Dalam Sehari, 10 WN JEPANG Masuk Islam ~ Info Lepas Tanpa Batas

- [ Translate this page ]
Dr Zakaria Ziyad, kepala Lembaga Kaum Muslimin (LKM), di Jepang mengungkapkan, Islamic Center yang terletak di ibukota Jepang, Tokyo tengah merintis ...
www.inimediaku.com/.../dalam-sehari-10-wn-jepang-masuk-islam.html

Katlin Hommik Terkesan Puasa Ramadhan ~ Info Lepas Tanpa Batas

- [ Translate this page ]
Katlin Hommik nama gadis asal Estonia ini. Usia tiga tahun dia sudah banyak bertanya tentang Tuhan dan hidup setelah mati. Ketika Estonia masih dalam ...
www.inimediaku.com/.../katlin-hommik-terkesan-puasa-ramadhan.html

Memeluk Islam, Pelukis Rusia Ekspresikan Keimanannya Lewat Lukisan ...

- [ Translate this page ]
Seorang pelukis kenamaan Rusia, Arcadi Yamortsov, dikabarkan telah mengucapkan dua kalimat syahadat dan memeluk agama Islam. Pilihan Yamortsov atas Islam ...
www.inimediaku.com/.../memeluk-islam-pelukis-rusia-ekspresikan.html

Gadis Irlandia itu Temukan Islam di Amerika ~ Info Lepas Tanpa Batas

- [ Translate this page ]
Kisah perjalanan menuju Islam gadis asal Islandia ini cukup menarik. Betapa tidak, seperti pengakuannya, di negaranya Islam hampir tak ada gema, ...
www.inimediaku.com/2010/.../gadis-islandia-itu-temukan-islam-di.html

Kaci Starbuck Bangga Jadi Muslimah ~ Info Lepas Tanpa Batas

- [ Translate this page ]
Perceraian orangtua membuat keluar dari Kristen. Kaci kemudian lebih memilih Islam dan bangga dengan jalan hidupnya yang baru ...
www.inimediaku.com/.../kaci-starbuck-bangga-jadi-muslimah.html

“Saya benar-benar terkejut ketika mengetahui jika orang-orang Arab juga mengetahui sosok Adam, Hawa, Ibrahim, Ismail, Ishak, Dawud, dan al-Masih. ...
www.inimediaku.com/2010/.../alvero-kisah-seorang-spanyol-yang.html

Michael: Kebenaran Itu Hanya Ditemukan Dalam Islam ~ Info Lepas ...

- [ Translate this page ]
Michael David Shapiro adalah seorang Yahudi Rusia. Dulu, ia tidak terlalu yakin dengan adanya Tuhan. Cita-citanya menjadi seorang bintang penyayi rock, ...
www.inimediaku.com/.../michael-kebenaran-itu-hanya-ditemukan.html

Vicente Mota Alfaro: Dari Mualaf Sampai Menjadi Imam Masjid ~ Info ...

- [ Translate this page ]
Vicente Mota Alfaro menjadi mualaf pertama di Spanyol yang memegang posisi imam di masjid Islamic Cultural Center of Valencia (CCIV) dan memimpin salat ...
www.inimediaku.com/.../vicente-mota-alfaro-dari-mualaf-sampai.html

Muhammad Abdullah (d/h Alexander Pertz) : Kisah Islamnya Bocah ...

- [ Translate this page ]
Kisah bocah Amerika ini tidak lain adalah sebuah bukti yang membenarkan hadits tersebut di atas. Alexander Pertz dilahirkan dari kedua orang tua Nasrani ...
www.inimediaku.com/.../rasulullah-saw-bersabda-setiap-bayi.html

Profesor Jeffrey Lang Temukan Hidayah melalui Perantaraan ...

- [ Translate this page ]
Profesor matematika yang pernah memilih tak beragama alias atheis ini akhirnya lebih memilih Islam sebagai pihan terakhirnya. Perjalanan setiap orang menuju ...
www.inimediaku.com/.../profesor-jeffrey-lang-temukan-hidayah.html

Seorang Nazi Menjadi Seorang Muslim! ~ Jangan Pernah Merasa Lelah ...

- [ Translate this page ]
INGGERIS. Sebagai seorang aktivis kelompok sayap kiri dan pendukung Neo-Nazi, lelaki asal Inggris ini menempuh perjalanan panjang dan berliku sebelum ...
www.inimediaku.com/.../seorang-nazi-menjadi-seorang-muslim.html

Jangan Pernah Merasa Lelah Cari Ilmu Yah..!

- [ Translate this page ]
Pria yang lahir di Columbus, Ohio ini dikenal sebagai wartawan dan kerap mengkritik Bush. Kini ia menjalani Islam dan rajin shalat ...
www.inimediaku.com/.../pria-yang-lahir-di-columbus-ohio-ini.html

Yahudi AS Menjadi Mualaf ~ Jangan Pernah Merasa Lelah Cari Ilmu Yah..!

- [ Translate this page ]
click to visit. www.al-habib.info. 29. ARBA'A. Dh-Qaida. 1429 H. 20 MAY 2008. click to visit. www.al-habib.info. click to visit. www.al-habib.info ...
www.inimediaku.com/2010/11/yahudi-as-menjadi-mualaf.html

Joseph Cohen: Yahudi Amerika yang Menemukan Islam di Gaza ~ Jangan ...

- [ Translate this page ]
Ketika memutuskan pindah ke Israel sekitar sepuluh tahun lalu, Joseph Cohen, seorang Yahudi asal Amerika Serikat, hanya berkeinginan untuk menerapkan ajaran ...
www.inimediaku.com/.../joseph-cohen-yahudi-amerika-yang.html

Penderitaan Mereka adalah Inspirasi Hidayah ~ Jangan Pernah Merasa ...

- [ Translate this page ]
www.inimediaku.com/.../penderitaan-mereka-adalah-inspirasi.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.