Info Luar Negeri - Alasan Malaysia Haramkan Tari Poco Poco

Perak - Para ulama di negara bagian Malaysia melarang umat Islam menari Poco Poco asal Indonesia. "Tari itu (Poco Poco) adalah tarian kultus,"kata Harussani Zakaria, tokoh Islam dari negara bagian Perak kepada AFP, Jumat 1 April.

Zakaria menjelaskan tarian yang populer di Malaysia itu dinilai ada unsur agama kristen. "Ada gerakan yang membentuk salib,"katanya. Para ulama, kata Zakaria, telah mengeluarkan fatwa melarang tarian tersebut. Dan ia juga menyarankan negara-negara bagian lainnya mengikuti langkah Perak.

Negeri Jiran memang kontrofersial. Selain tari Poco Poco, Yoga pun beberapa waktu lalu diharamkan di Malaysia lantaran ada unsur agama Hindu dalam setiap gerakannya. Meski demikian fatwa itu tidak mengikat secara hukum.

Pemikir Islam Mohamad Asri Zainul Abidin punya pendapat yang berbeda. Sepanjang untuk kesehatan Poco Poco sebaiknya tidak dilarang,"katanya. Alasannya, kesehatan tidak bisa dikaitkan dengan kepercayaan mana pun atau perbuatan tercela semisal seks bebas dan alkohol yang memang dilarang dalam hukum islam.

Di Indonesia, tari Poco-poco adalah tarian yang populer diawal tahun 2000-an. Tarian ini diiringi oleh lagu yang berasal dari Maluku yang bernama Poco Poco juga. Gerakan tarian Poco Poco diantaranya mundur ke belakang satu dua langkah dan maju ke depan satu dua langkah sembari badan berputar di tempat sebanyak 360 derajat.

sumber : tempointeraktif

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.