Info Luar Negeri - IMF: Pertumbuhan Dunia Tak Cukup Ciptakan Lapangan Kerja

Perekonomian global sedang menguat dengan baik pada 2011, tetapi risiko ke arah penurunan sedang meningkat, terutama dari lonjakan harga minyak, Dana Moneter Internasional mengatakan Senin.

IMF mengatakan prakiraan ekonomi dunia terbarunya "sedikit berubah" dari update (diperbahaui) Januari: pertumbuhan global 4,4 persen pada 2011, sedikit turun dari 5,0 persen pada 2010.

Sebuah pemulihan dua kali kecepatan dari resesi global 2009 diperkirakan akan terus berlanjut, dengan pasar yang sedang tumbuh dan ekonomi-ekonomi berkembang tumbuh 6,5 persen, dan negara maju hanya menghimpun pertumbuhan 2,4 persen, lapor AFP.

"Pemulihan ini menjadi solid, namun pengangguran tetap tinggi," kata IMF dalam laporan dua kali setahun `World Economic Outlook`.

Amerika Serikat, ekonomi terbesar di dunia, diproyeksikan tumbuh moderat 2,4 persen sederhana, sedangkan nomor dua China menduduki puncak grafik pertumbuhan sebesar 9,6 persen.

"Risiko penurunan utama untuk pertumbuhan berkaitan dengan potensi harga minyak yang mengejutkan naik lebih lanjut karena gangguan pasokan," kata IMF.

Perkiraan pertumbuhan lembaga yang berbasis di Washington ini mengasumsikan harga minyak rata-rata 107 dolar AS per barel pada 2011, setelah 79 dolar AS pada 2010.

"Risiko penurunan baru sedang terbangun karena harga komoditas, terutama untuk minyak, dan yang berhubungan minyak, ketidakpastian geopolitik, serta overheating dan booming pasar aset di negara emerging market (pasar berkembang)," katanya.

Naiknya harga minyak telah memicu kekhawatiran kembali ke tingkat rekor tertinggi di atas 147 terlihat pada 2008, ketika harga pangan dan komoditas tinggi memicu kerusuhan politik.

Para ekonom IMF menguji sebuah skenario minyak mentah berjangka rata-rata 150 dolar AS per barel. Dalam hal ini, negara-negara maju, Asia dan sub-Sahara Afrika akan kehilangan pertumbuhan 0,75 persentase poin, Amerika Latin akan menyusut 0,5 poin, dan negara-negara penghasil minyak akan melihat pertumbuhan kian cepat.

Penulis laporan itu, bagaimanapun, mengakui kesulitan dalam meramalkan pasar yang telah di bawah kekuasaan pemberontakan di beberapa negara Arab sejak awal tahun.

"Prospek pasar minyak masih cukup pasti, karena persepsi risiko pasokan geopolitik dapat volatile," kata mereka, mencatat kerusuhan di Timur Tengah dan Afrika Utara.

China dan lokomotif pasar berkembang lainnya seperti India dan Brazil yang mendorong permintaan untuk komoditas.

"Pasokan minyak mentah menanggapi seretnya kenaikan yang sedang berlangsung dalam permintaan, sebagian besar mencerminkan sikap kebijakan OPEC."

IMF menunjuk ke "tidak adanya reaksi produksi yang elastis" oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak ketika harga bergerak di atas kisarabn 70-80 dolar AS, mengingat kartel sebelumnya telah mengatakan jangkauan yang "adil".

Kurangnya respon oleh kartel yang memproduksi sekitar 40 persen dari pasokan minyak dunia "telah menyebabkan beberapa ketidakpastian di pasar tentang target harga implisit produsen OPEC."

Gelombang kenaikan harga pangan, sebaliknya, terutama akibat guncangan pasokan yang berhubungan dengan cuaca, seperti kekeringan dan kebakaran hutan di Rusia dan Ukraina yang memotong tanaman gandum.

Meningkatkan suplai akan memungkinkan harga makanan untuk mundur moderat dari tertinggi mereka baru-baru ini melalui 2011, tetapi risiko untuk prospek harga "tetap tegas ke sisi kenaikan."

Para ekonom IMF menyatakan keprihatinan tentang pengangguran yang tinggi, mencatat bahwa 205 juta orang di seluruh dunia sedang mencari pekerjaan, naik sekitar 30 juta sejak 2007.

"Pertumbuhan belum cukup kuat untuk membuat pengurangan besar dalam tingkat pengangguran tinggi," katanya.

Secara khusus, "menimbulkan beban tinggi dan meningkatnya pengangguran pada orang muda berisiko bagi kohesi sosial."

WEO ini dirilis dalam rangka pertemuan musim semi IMF dan Bank Dunia pada Sabtu di Washington.

Dana beranggotkan 187-negara ini menyoroti bahwa ketegangan tetap mengakar kuat di sektor keuangan, khususnya di pasar utang negara di Eropa.

"Kerentanan fiskal dan keuangan signifikan masih bersembunyi di balik perkembangan pasar yang jinak baru-baru ini, terutama di kawasan euro," kata IMF.

Sementara itu ekonomi emerging-market, "perlu untuk menjaga terhadap overheating dan booming kredit."

Dalam jangka pendek, IMF mengatakan, masalah yang paling mendesak untuk meningkatkan jumlah ekonomi berkembang adalah "kenaikan besar harga makanan, yang menyajikan tantangan sosial lainnya."

"Kerusuhan sosial di Timur Tengah dan Afrika Utara dapat menempatkan tekanan lebih lanjut ke atas pada harga makanan jika pemerintah importir gandum besar di dalam dan di luar kawasan meningkatkan pembelian mereka," kata IMF.

sumber: antara

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.