Keagungan Wanita Dalam Naungan Islam

Wanita adalah bagian utama dalam kehidupan di alam semesta, tidak akan baik sebuah kehidupan tanpa pengagungan dan penghormatan kepada kaum wanita. Islam sangat menghormati dan mengangkat derajat kaum hawa.

Islam memperlakukan kaum hawa, baik saat menjadi apapun dia, saat masih seorang anak, menjadi Ibu, menjadi saudara wanita atau lainnya

SAAT MENJADI ANAK

pada zaman jahiliyah, jika melahirkan seorang anak perempuan merupakan aib dan benar2 terhina bayi tersebut harus dibunuh. bahkan mereka tega dengan menguburnya hidup2.

Dalam firman Allah Ta’ala:

” Dan apabila seseorang dari mereka di beri khabar dengan kelahiran anak perempuannya, hitamlah mukanya dan dia sangat marah. Ia menyembunyikan dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah menguburnya kedalam tanah hidup-hidup? ketahuilah alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu. (QS. An Nahl : 58-59)

Islam telah menganggap bahwa melahirkan seorang anak perempuan adalah sebuah penghormatan yang agung dan berkewajiban untuk memperhatikan serta mendidiknya, dan mendapat balasan yang besar bila melakukannya.

SAAT MENJADI SEORANG IBU.

berkewajiban seorang anak berbakti kepada ibunya, dilarang menyakitinya atau dengan cara apapun. Bahkan Islam lebih mendahulukan menghormati Ibu dari pada Bapak dalam sebuah hadits:

Dari Abu Hurairoh berkata: ” Datang seseorang kepada Rasulullah saw. lalu bertanya:” Wahai Rasulullah, siapa yang paling berhak untuk saya berbuat baik kepadanya?”.

Rasulullah saw. menjawab: ” Ibumu”.

dia bertanya lagi:”lalu siapa?”.

Rasulullah saw. menjawa:” Ibumu”.

dia bertanya lagi: “lalu siapa?”.

Rasulullah saw. menjawab:” Ibumu”.

dia bertanya lagi :” lalu siapa?”.

Rasulullah saw. menjawab: ” Bapakmu”.

SAAT MENJADI ISTRI

Islam memerintahkan suami untuk berbuat baik pada istrinya, tidak menyakitinya, bersabar atas kekurangannya, berbuat baik kepada keluarganya memberikan nafkah dan menjaga kehormatannya. Dalam Firman Allah Ta’ala :…Dan pergaulilah mereka (para istri) dengan cara yang baik…(QS. an-Nisa : 19)

dalam sebuah Hadits:dari Abu Huroirah berkata, Rasulullah saw. bersabda: ” Berbuat baiklah kalian kepada istri, karena dia diciptakan dari tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas, kalau engkau meluruskannya berarati engkau mematahkannya, jika engkau biarkan maka akan tetap bengkok, oleh karena itu berbuat baiklah engkau pada para istri”. (HR Bukhori, Muslim)

Dari Abu Hurairoh berkata: ” Rasulullah bersabda: ” Orang mu’min yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya, sebaik-baik kalian yang paling baik terhadap istrinya”. ( HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi dengan sanad shohih)

SAAT MENJADI ORANG LAIN

sebagai gambaran mudah , Islam memerintahkan untuk memberikan bantuan pada seorang wanita yang membutuhkan bantuan.sabda Rasulullah saw :” Orang yang berusaha membantu para janda dan orang miskin maka dia berada di jalan Allah atau seperti orang yang sholat malam dan puasa siang hari”. (HR. Bukhori, Muslim)

Inilah sekelumit dari samudra keagungan wanita dalam naungan syariat Islam.

sumber :

http://cahyaiman.wordpress.com/2010/12/09/keagungan-wanita-dalam-naungan-islam/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.